Ini 4 Risikonya Melihat Gerhana Matahari Total 2016 Tanpa Kacamata

Diprediksi gerhana matahari total bakal datang pada 9 Maret 2016. Sudah jauh-jauh hari mereka mempersiapkan diri, termasuk membeli kacamata khusus melihat peristiwa tersebut. Meski demikian, ada saja yang nekat melihat fenomena alam itu dengan mata telanjang. Padahal sejumlah risiko telah menanti lho, guys. 

Dari health.com disebutkan, setidaknya ada 4 risiko yang bakal kamu hadapi jika memandang gerhana matahari total dengan telanjang. Risiko yang paling besar tentu kebutaan mendadak. Namun kamu harus waspada jika ciri-ciri ini melanda kamu. Artinya kamu sudah terkena Solar Eclipse Retinopathy. Semacam sindrom pada mata yang terjadi saat kamu menantang sang surya. Seperti apa risikonya? 

Simak berikut ini.

  1. Kerusakan pada retina mata. Tandanya, selalu ada titik hitam dalam pandangan mata.
  2. Terjadi metamorphopsia. Segalanya jadi serba terbalik dalam pandanganmu. Garis lurus seperti melengkung dan benda besar jadi kecil.
  3. Gangguan penglihatan warna. Warna-warna di sekitarmu bakal berubah dalam pandanganmu. Warna merah bisa menjadi ungu atau biru. Gawat juga, ya.
  4. Sakit kepala. Disebabkan karena syaraf mata dan kepala masih berhubungan. Jika mata mengalami sakit saat memandang gerhana matahari total 2016, dipastikan setengah atau seluruh bagian kepala ikut nyut-nyutan.

sumber: bintang

0 Response to "Ini 4 Risikonya Melihat Gerhana Matahari Total 2016 Tanpa Kacamata"