Satu Nakhoda

Jangan kamu dayang perahumu dengan dua haluan,,,ikuti peta yang sudah jelas berada di tanganmu, nakhodanya  juga sudah terampil, bagaimana cara menghindari karang karang terjal, karang karang yang dibuat orang/jebakan, dan karang karang yang tiba-tiba muncul, serta karang karang yang tersembunyi, kemudian bagaimana cara memandu dengan selamat tanpa penumpangnya takut karena sebagai nakhoda, ia pasti mempunyai  tanggung jawab yang besar untuk keselamatan itu.

Sang nakhoda pun aman dan tentram karena sudah mempunyai sim sebagai mualim, tanpa harus takut kena tilang atau kena razia oleh pengawas pelabuhan, laut dan pantai.

kemampuannya untuk menghindar dan mengalihkan lalu lintas yang padat dengan banyaknya perahu-perahu yang bagus-bagus dan indah-indah, dengan aneka cat warna warni serta dilengkapi dengan peralatan serba wah dan canggih, sangat layak untuk dipercaya karena skill-nya sudah teruji dan terbukti. kamu pun tak perlu khawatir jika perahumu nanti  tersenggol atau disenggol, tertabrak atau ditabrak.

Ombak, angin, dan badai pun sudah menjadi bagiannya. dengan mudah dan santai dapat menjinakkannya tanpa harus bersusah payah membentangkan layar atau tatkala ada gangguan di tengah pelayaran sang nakhoda tak perlu repot-repot lagi untuk  memanggil emergency 911 atau 112.

Kabar bahwa es di kutub mencair bukan merupakan tantangan dan hambatan bagi sang nakhoda. Malahan semakin safety dengan keadaan itu. Karang yang tadinya muncul dipermukaan sudah tidak kelihatan lagi. Yang dulunya banyak pulau2 kecil yang mengganggu, kini sudah hilang dalam pandangan. Sehingga semakin memudahkan pelayaran.

Perahu sang nakhoda pun sudah dilengkapi dengan navigasi GPS agar perolehan rezekinya berlipat-lipat ganda, karena dapat memantau dimana terdapat banyak rezeki untuk menopang pelayarannya serta dapat mengetahui segala macam perubahan cuaca dan iklim.

Syahbandar pun tidak lagi rewel dengan kehadiran sang nakhoda karena sang nakhoda bisa menjaga, memilihara dan turut memantau keamanan laut. Premi atau retribusi pantai pun dengan rutin disetor karena sang nakhoda sangat tahu dan peduli dengan hak dan kewajibannya.

0 Response to "Satu Nakhoda"