Tanda Akhir Zaman menurut Berbagai Agama (Sudah Dekat Kah?)


Tanda Akhir Jaman menurut Berbagai Agama (Sudah Dekat Kah?)

Tidak ada niat saya untuk menakut nakuti anda semua atau memberi info menyesatkan. jika menurut agama anda tanda tanda yang saya sebutkan salah anda bisa beri komentar di bawah. hanya untuk bahan renungan buat kita, apakah tanda tanda akhir jaman sudah dekat dan apakah selayaknya kita semua sudah waktunya bertobat massal ?? 

Tanda akhir jaman versi Islam : 

Di agama Islam, tanda-tanda kiamat di antaranya diawali dengan adanya 10 tanda-tanda sebagaimana disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, dalam haditsnya Beliau bersabda ; 

“Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum adanya sepuluh tanda-tanda kiamat, yaitu tenggelam di timur, tenggelam di barat, tenggelam di Jazirah Arab, adanya asap, datangnya Dajjal, Dabbah (binatang melata yang besar), Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari sebelah barat, keluar api dari ujung Aden yang menggiring manusia, dan turunnya Nabi Isa.” (Hadits Riwayat Muslim). 

Islam telah menyebutkan bahwa Hari Kiamat (kubro) ditandai dengan adanya 10 kejadian, diantaranya yaitu ;
Tenggelamnya di Timur. Tengelamnya di Barat Tenggelamnya di Jazirah Arab 

yang dimaksud dengan tenggelamnya di timur, di barat dan di Jazirah Arab ini adalah seperti terjadinya Khasf. 

Khasf yang dimaksudkan di sini, bukanlah terjadinya gerhana sebagaimana yang dikatakan oleh sebagian orang. Akan tetapi khasf yang merupakan tanda hari kiamat adalah ditenggelamkannya manusia ke dalam bumi, sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an ketika Allah subhanahu wa Ta’alaberfirman tentang Qarun yang tidak bersyukur dengan kenikmatan yang telah diberikan kepadanya: 

“Maka Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi…” (al-Qashash: 81)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menyebutkan 10 tanda-tanda hari kiamat dalam hadits yang diriwayatkan dari Hudzaifah bin usaid, 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya hari kiamat tidak akan terjadi hingga kalian-kalian melihat 10 tanda-tandanya…….’” Kemudian disebutkan di antaranya: terjadinya Khasf di timur, di barat dan di negeri arab. Kemudian diakhiri oleh keluarnya api dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat berkumpulnya. (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengisyaratkan bahwa terjadinya adzab tersebut adalah ketika manusia telah tenggelam dalam kemaksiatan dan dosa sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Umu Salamah radhiallahu ‘anha . 

Beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Akan terjadi setelahku khasf di timur, di barat dan di negeri arab”. Saya katakan: “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apakah manusia akan ditenggelamkan, padahal di tengah-tengah mereka ada orang-orang yang shalih?”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Ya, jika mayoritas penduduknya telah banyak melakukan kemaksiatan (dosa).” (HR. Thabrani dalam Mu’jam al-Ausath). 

Ibnu Hajar al-Atsqalani rahimahullah berkata: “Telah didapati khasf di beberapa tempat, namun bisa jadi yang dimaksud dengan kejadian khasf tersebut adalah sesuatu yang luar biasa (lebih dari biasanya). Apakah lebih dahsyat kejadiannya, atau lebih luas daerah yang ditenggelamkannya atau ukurannya”. (Lihat Fathul Bari, juz 13 hal. 84) 

Adanya Asap 

Apa yang di makasud dengan Asap..?? Asap dari Bom Bom yang meledak atau runtuhnya bagunan akibat peperangankah..?? kalo seandainya ya berarti ini sudah terjadi sejak meninggalnya Nabi Muhammad SAW yaitu Pertempuran Yarmuk (636 M) Perang Dunia I (1914 – 1918 M) Perang Dunia II (1939 – 1945 M) hingga sekarang Perang Palestina – Israel (2008 sampai saat ini) 

Datangnya atau Munculnya Dajjal 

Datangnya Dajjal atau kemunculannya Dajjal ke bumi hingga saat ini masih belum bisa di prediksikan.
Turunnya Nabi Isa AS Munculnya DABBAH / Binatang Melata yang Besar Ya’juj dan Ma’juj Terbitnya Matahari dari Barat Keluarnya Api dari ujung Aden atau Yaman yang menggiring manusia ketempat berkumpulnya. 

Mengenai kepastian kapan kiamat tiba, dalam Islam Allah menegaskan dalam firman-firman Nya, di antaranya: 

“Orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-sekali tidak akan dibangkitkan, katakanlah: Tidak demikian, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (At-Taghabun 64:7)

Tanda akhir jaman versi Kristen :

Dalam ajaran Kristiani, Alkitab menyebutkan bahwa kiamat atau akhir zaman akan diawali dengan kedatangan Kristus yang disertai atau didahului oleh bermacam-macam tanda.

Beberapa tanda tersebut di antaranya:

Akan datang Kristus-Kristus palsu, yang akan menyesatkan banyak orang.
Akan datang godaan yang besar, yang akan menjadikan banyak orang murtad; ada penganiayaan, saling membenci, sehingga keluarga pecah-belah, saling bunuh.
Akan ada perang, dan kabar perang, kelaparan, dan gempa bumi.


Akan ada bencana alam yang besar sekali. Di langit akan ada tanda kedatangan Anak Manusia. Akan ada banyak orang berpaling dari iman, murtad. Datanglah “manusia durhaka” yaitu anti Kristus. Kabar Kerajaan Allah akan diberitakan ke seluruh dunia dan bangsa Yahudi akan bertobat. Tanda-tanda tersebut selama berabad-abad telah diterima oleh gereja sebagai tanda-tanda akhir zaman, sebelum kedatangan Kristus. Artinya, Tuhan Yesus Kristus tidak akan datang kembali sebelum tanda-tanda tersebut semuanya terjadi.

Tanda akhir jaman versi Hindu :

Kapanpun dan dimanapun pelaksanaan dharma merosot dan hal-hal yang bertentangan dengan dharma merajalela, pada waktu itulah Aku (Tuhan) sendiri turun untuk menegakkannya kembali. Dalam kitab Brahma Purana, dinyatakan satu hari Brahman (satu kalpa) atau satu siang dan satu malamnya Tuhan lamanya 14 manwantara. Satu manwantara = 71 maha yuga. Satu maha yuga = empat zaman yaitu kerta, treta, dwapara dan kali yuga. Satu maha yuga = 4,32 juta tahun manusia. Sekarang peredaran alam semesta sedang berada pada manwantara ketujuh dibawah pimpinan Vaivasvata Manu. Ini artinya pralaya atau kiamat total akan terjadi setelah manu ke-14 berakhir  (14×71×10000×432=4.294.800.000 tahun manusia). Manu ke-14 adalah Suci sebagai Indra Savarni Manu.

Tanda akhir jaman versi Buddha :

Tanda-tanda “Akhir-Zaman” menurut Buddha-Dhamma adalah saat timbulnya lima ( 5 ) macam kemerosotan ( kasaya ): 

  1. Kemerosotan pandangan ( ditthi-sakaya ) : aneka ragam gagasan dan pandangan terbalik muncul di seluruh pelosok dunia dan menjadi dominan di dalam benak manusia. 
  2. Kemerosotan hawa-nafsu ( kilesa-kasaya ) : manusia hanya mengejar kesenangan dengan menghalalkan segala cara. Segala jenis kejahatan merajalela dan perbuatan tercela ( dengan menggunakan standar hidup kita sekarang ) dianggapnya sebagai norma-norma. Orang-orang yang melakukan kejahatan bahkan disanjung sebagai pahlawan dan dihormati di masyarakat. 
  3. Kemerosotan kondisi manusia ( sattva-kasaya ) : mayoritas manusia tidak mendapatkan kepuasan batin dan kebahagiaan dalam kehidupan. Saat itu, fisik dan mental manusia jauh lebih inferior daripada saat kita hidup sekarang ini. 
  4. Kemerosotan jangka kehidupan manusia ( ayus-kasaya ) : jangka kehidupan rata-rata manusia secara makro menurun hingga ke titik kritis. 
  5. Kemerosotan zaman-dunia ( kalpa-kasaya ) : peperangan, bencana-alam, wabah-penyakit, gagal-panen, dan kelaparan melanda dunia. Saat mengalami ini, lingkungan hidup ( ekosistem dan ekologi ) semakin memburuk.

Salah satu ciri dari fase turun adalah kejadian yang disebut dengan “Tiga-Bencana-Besar” : 

1. Peperangan, 
2. Wabah penyakit. 
3. Kelaparan.

Ada tiga teori mengenai ciri-ciri dari fase turun tersebut. 

Teori pertama , menyatakan bahwa : 
  1. pada saat jangka kehidupan manusia mencapai rata-rata sepuluh ( 10 ) tahun, 
  2. peperangan berlangsung selama tujuh ( 7 ) hari, 
  3. dilanjutkan dengan wabah penyakit yang berlangsung selama tujuh ( 7 ) bulan plus tujuh ( 7 ) hari, 
  4. dilanjutkan dengan kelaparan selama tujuh ( 7 ) tahun, tujuh ( 7 ) bulan, dan tujuh ( 7 ) hari. 

Teori kedua , menyatakan bahwa hanya satu jenis bencana yang akan terjadi di setiap akhir kappa-kecil. 

Saat jangka kehidupan manusia mencapai sepuluh ( 10 ) tahun di kappa pertama, 
wabah penyakit muncul ; di kappa kedua api peperangan terjadi ; dan di kappa ketiga, kelaparan melanda. Pola ini berlanjut sampai sepanjang enam-belas ( 16 ) kappa berikutnya, dan setiap bencana berlangsung selama tujuh ( 7 ) hari. Menurut teori ini, kita sekarang berada di kappa kesembilan ( ke-9 ), pada fase menurun, dimana bencana kelaparan akan terjadi saat jangka kehidupan manusia rata-rata mencapai sepuluh ( 10 ) tahun. Teori ketiga , menyatakan bahwa kala jangka kehidupan manusia mencapai tiga-tuluh ( 30 ) tahun, ada periode kelaparan selama tujuh ( 7 ) tahun, tujuh ( 7 ) bulan, tujuh ( 7 ) hari ; dikala umur rata-rata kehidupan manusia mencapai dua-puluh ( 20 ) tahun, ada periode wabah penyakit selama tujuh ( 7 ) bulan dan tujuh ( 7 ) hari ; kala umur rata-rata kehidupan manusia mencapai sepuluh ( 10 ) tahun, ada periode bencana peperangan selama tujuh ( 7 ) hari.

Sekali lagi saya bukan untuk menakuti anda, tapi jika merasa tanda tanda akhir jaman ini sudah dekat , saya dan anda yang percaya akan adanya akhir jaman untuk dekat kepada Tuhan kita masing masing. dan saya bukan nabi.

Penulis:
*Mubyarto Nababan


Sumber :kompasiana
Silakan share jika bermanfaat >>>

0 Response to "Tanda Akhir Zaman menurut Berbagai Agama (Sudah Dekat Kah?)"