Inilah Fakta Baru Mengejutkan Dari Rekaman Suara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Suara Sang Proklamator, Bung Karno selalu terdengar di berbagai media di setiap bulan Agustus apalagi menjelang hari kemerdekaan. Proklamasi yang menandakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Namun sangat jarang yang mengetahui kalau suara Bung Karno itu bukanlah benar benar suara yang ada di tanggal 17 Agustus 1945, melainkan sekitar tahun 1950 atau sekitar 5 tahun setelah kemerdekaan.

proklamasi

Jusuf_Ronodipuro
http://www.insideindonesia.org/obituary-mohammad-jusuf-ronodipuro

Kisah ini diceritakan langsung oleh Jusuf Ronodipuro, seorang wartawan radio resmi pendudukan Jepang sebelum beliau meninggal di tanggal 27 Januari 2008. Tidak banyak yang mengulas mengenai sejarah ini.

Pada saat hari pembacaan proklamasi dibacakan, Jusuf Ronodipuro tengah meliput pembacaan proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno didampingi Bung Hatta dan beberapa tokoh nasional lainnya. Namun beliau dihalangi oleh penjagaan militer Jepang yang sangat ketat.

Jusuf muda gagal merekam suara Bung Karno, tapi tetap menyiarkan kabar itu pada sore harinya, tanpa suara Bung Karno yang terekam saat membacakan proklamasi.


Setelah 5 tahun berlalu, Jusuf memberanikan diri untuk membujuk Bung Karno supaya bersedia membaca sekali lagi naskah Proklamasi untuk direkam, namun dengan sangat tegas Bung Karno menolak.

“Tidak bisa! Proklamasi hanya satu kali, tidak bisa diulang!”

Namun Jusuf terus membujuk dengan argumentasi, jika tidak ada rekaman suaranya, bangsa Indonesia tidak punya dokumentasi audio untuk peristiwa penting itu.

Argumentasi Jusuf ini membuat Bung Karno berpikir ulang mengenai keputusan untuk menolak Jusuf. Hingga akhirnya Bung Karno setuju suaranya direkam sekali lagi untuk membacakan naskah proklamasi.

Tanpa Jusuf Ronodipuro, kita semua tidak akan pernah mendengar suara asli Bung Karno yang terekam dalam membacakan naskah proklamasi. Merdeka!!!

0 Response to "Inilah Fakta Baru Mengejutkan Dari Rekaman Suara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! "