Kearifan Dalam Pemecahan Suatu Masalah

*Cerita dari Negeri China*

Suatu pagi pada saat menambang, seorang pemuda menemukan sebuah lampu. Dia mencoba menggosok lampu tersebut. Siapa tahu akan ada jin yang keluar untuk membantunya.

Ternyata....... Benar...Muncullah jin itu.

Jin : "Hai Pemuda.... Engkau telah memanggilku yang sudah tidur ratusan tahun. Aku adalah Jin Kesehatan.  Aku akan membiarkan kesehatan bagi seluruh keluargamu.

Tapi, Aku hanya akn memberikan 4 hari (四天  baca: Si Tian) kesehatan. Jadi, tetapkanlah pilihan harimu...".

Pemuda tsb pun berpikir. Setelah menetapkan hari, dia pun berbicara kepada jin tersebut.

Pemuda : "Baiklah... Aku sudah menetapkan ke 4 hari itu. Aku ingin:

¤ 春天 (Chun Tian / Musim Semi )

¤ 夏天 (Xia Tian / Musim Panas ),

¤ 秋天 (Qiu Tian / Musim Gugur ),

¤ 冬天 (Dong Tian / Musim Salju )

Jin : "Wah....Itu terlalu banyak. Aku tidak bisa....Kalau begitu, aku kurangi menjadi 3 hari"

Pemuda : "Aku ingin keluargaku sehat pada waktu

¤ 昨天 (Zuo Tian / Kemarin),

¤ 今天 (Jin Tian / Hari ini ),

¤ 明天 (Ming Tian / Besok )


Jin         : "Itu juga tidak bisa. Masih terlalu banyak. Kalau begitu 2 hari saja".

Pemuda : "Baiklah.... Aku hanya ingin pada waktu..

¤ 白天 (Bai Tian / Pagi hari),

¤ 晚上 (Wan Shang / Malam hari )


Jin : "Kedua hari itu juga masih terlalu banyak. Sekarang aku tetapkan menjadi satu hari dan  inilah yang terakhir"

Pemuda : "Kalau begitu, aku tentu ingin keluargaku sehat di :

¤ 每天 (Mei Tian / Setiap Hari)


Jin tersebut pun semakinn terkejut. Pada akhirnya, jin pun mengabulkan permintaan dari pemuda tersebut.

Akhirnya, sekeluarga pun sehat selalu setiap hari.

++++++++++++++++<<<>>>>++++++++++++


>> Dari cerita di atas dapat disimpulkan  bahwa kadang-kadang dalam kehidupan sehari-hari, diperlukan kearifan untuk memecahkan masalah dan  juga semangat pantang menyerah dalam menghadapi ujian dan cobaan.

>> Meski dalam keadaan yang tidak mungkin, kalau kita semua bisa berpikir secara logis, maka tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan.

>> Seberat apapun masalah, jangan menggeneralisasi keadaan. Solusi terbaik adalah pahami, cerna, minta pendapat/saran, putuskan masalah itu lalu lakukan tindakan. karena Kitalah yang berhak memutuskan masalah,bukan orang lain.  Jangan ikuti pendapat yang keliru...!!

>> Pastikan niat kita sedari awal bahwa, selagi apa yang kita lakukan untuk masa depan adalah yang terbaik, maka setiap masalah yang datang pasti akan menjadi ringan bahkan dengan sendirinya bukan menjadi masalah lagi. Ikuti kata hati, turuti  nurani.

>> Menegoisasi masalah  itu perlu, demi mencapai kebaikan. Asal sama-sama memberikan manfaat dan faedah, dan sama-sama memberikan keuntungan.

>> Berpikir jernihlah ketika menghadapi masalah. Jangan dibarengi dengan sikap emosi sesaat, niscaya hasilnya tidak akan baik.

0 Response to "Kearifan Dalam Pemecahan Suatu Masalah"